Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/1054
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSaripratama, Thomas Pangestu-
dc.date.accessioned2022-10-04T07:46:40Z-
dc.date.available2022-10-04T07:46:40Z-
dc.date.issued2022-
dc.identifier.urihttp://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/1054-
dc.description.abstractPergerakan teknologi yang saat ini sangat berkembang pesat, berpengaruh pada pola perilaku masyarakat untuk memenuhi kebutuhan. Hal ini ditunjang dengan maraknya bisnis berbasis aplikasi (online). Banyak masyarakat yang beralih dari belanja tradisional menjadi modern. Belanja modern yang dimaksudkan ialah konsumen menggunakan jasa marketplace. Marketplace yang mudah diunduh dan didownload sudah tersedia di aplikasi playstore. Aplikasi yang dibahas pada penelitian ini adalah aplikasi shopeefood. Keberadaan aplikasi shopeefood sangat membantu kebutuhan konsumen di masa pandemic covid 19. Selain konsumen yang diuntungkan dengan mudahnya akses pemenuhan kebutuhan secara mudah, usaha shopeefood berimbas pada ketersediaan tenaga kerja sebagai mitra pengemudi/kurir. Namun pada pelaksanaan tidak setiap mitra pengemudi memiliki itikad baik, ada pihak mitra pengemudi yang mengalihkan akun kepada pihak lain secara sepihak. Hal ini tentunya membawa kerugian kepada konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pertanggungjawaban PT Shopee Indonesia kepada konsumen akibat penyalahgunaan akun oleh mitra pengemudi dan mengetahui kendala konsumen untuk memperoleh hak-haknya akibat dari penyalahgunaan akun oleh mitra pengemudi. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris. Selain itu, teknik pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Jenis dan sumber data pada penelitian ini, menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini yaitu pertanggungjawaban PT Shopeefood kepada konsumen belum sepenuhnya tepat, karena masih terdapat beberapa kendala dari konsumen yang belum memahami aplikasi konsumen sebagai wadah untuk menyalurkan evaluasi kinerja karyawan dari PT Shopee, khususnya untuk mitra pengemudi yang melakukan penyalahgunaan akun. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu PT Shopeefood belum sepenuhnya memberikan pertanggungjawaban yang tepat untuk konsumen, atas perilaku mitra pengemudi yang telah menyalahgunakan akun. Mitra pengemudi yang telah ketahuan dalam menyewa atau memperjualbelikan akun kepada orang lain, akan dikenakan sanksi sesuai dengan kode etik yang tertuang dalam informasi pada aplikasi mitra pengemudi Shopeefooden_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPertanggungjawabanen_US
dc.subjectPT Shopeefood Cabang Malangen_US
dc.subjectPenyalahgunaan akunen_US
dc.subjectKonsumenen_US
dc.titlePertanggungjawaban Pt Shopee Indonesia Kepada Konsumen Akibat Penyalahgunaan Akun Oleh Mitra Pengemudi Shopeefood Area Malang Kota (Studi Di Pt Shopee Indonesia Cabang Malang)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0703047701-
dc.identifier.nidnNIDN0725106301-
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI74201#Hukum-
dc.identifier.nimNIM201841012-
Appears in Collections:2022



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.