Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/1661
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAloysius-
dc.date.accessioned2022-11-22T01:43:14Z-
dc.date.available2022-11-22T01:43:14Z-
dc.date.issued2011-
dc.identifier.urihttp://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/1661-
dc.description.abstractUsaha tani padi organik menghadapi berbagai permasalah terutama yang terkait dengan efisiensi pemasaran. Pemasaran yang efisien adalah ketika total biaya yang dikeluarkan petani lebih kecil dari total nilai produk yang diterima (TB < TNP) dan efisiensi pemasaran juga dipengaruhi oleh Break Even Point (BEP), semakin rendah nilai titik impas akan menyebabkan EP yang semakin tinggi (< 100%). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi pemasaran beras organik dan untuk mengetahui BEP dari harga jual dan jumlah produksi beras organik yang dapat disasilkan petani dalam satu kali masa produksi. Penelitian dilaksanakan di Kelompok tani Sumber Makmur 1, Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Metode sensus digunakan dalam penentuan sampel, dengan total populasi sebanyak 44 petani. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi, dengan metode analisis data kuantitatif. Hipotesis penelitian: 1) Pemasaran beras organik belum efisien. 2) Harga jual dan jumlah produksi beras organik sudah mencapai Bbreak Even Point (BEP). Berdasarkan hasil analisis menunjukkan efisiensi pemasaran dicapai nilai sebesar 64,66%,. Hal tersebut berati bahwa total biaya yang dikeluarkan petani hanya sebesar 64,66% dari total nilai produk yang terjual. Untuk BEP harga jual sebesar Rp. 4.849 dan BEP produksi sebesar 1.855 kg, berarti harga jual yang ditetapkan petani sebesar Rp. 7.500 dan produksi yang dihasilkan sebesar 2.870 kg sudah mencapai BEP. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, berarti pemasaran beras organik di Kelompok tani Sumber Makmur 1, Desa Sumber Ngepoh sudah mencapai BEP.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.titleAnalisis Efisiensi Pemasaran Beras Organik (Studi Kasus Di Kelompok Tani Sumber Makmur 1, Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0713016802-
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI54201#Agribisnis-
dc.identifier.nimNIM04220436-
Appears in Collections:2011

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
04220436_ALOYSIUS_1.pdfCOVER - BAB 1789.89 kBAdobe PDFView/Open
04220436_ALOYSIUS_2.pdf
  Restricted Access
BAB 2 - BAB 4462.26 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
04220436_ALOYSIUS_3.pdfBAB 5 - DAFTAR PUSTAKA193.43 kBAdobe PDFView/Open
04220436_ALOYSIUS_4.pdf
  Restricted Access
LAMPIRAN405.96 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.