Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/2072
Title: Pengaruh Affiliate Marketing Yang Dilakukan Oleh Influencer Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kelaya Hair Treatment Surabaya)
Authors: Wardhani, Jovita Vicka Bayu
Niwadolo, Cornelius
Kristiani, Nancy
Keywords: Informativeness
Perceived Trust
Perceived Usefulness
Perceived Ease to Locate
Keputusan Pembelian
Issue Date: 2023
Abstract: Salah satu tujuan dibentuknya sebuah usaha atau perusahaan, untuk meraih hasil laba yang besar. Keberhasilan suatu perusahaan untuk mendapatkan laba, dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya yaitu pemasaran. Dengan adanya perkembangan teknologi pada masa kini, muncul banyak metode pemasaran baru yang menjanjikan. Ada banyak sekali pilihan untuk memunculkan nama sebuah produk. Hal ini juga berkaitan dengan jumlah pengguna media sosial yang terus meningkat, seperti Tiktok. Dengan kenaikan yang signifikan ini, banyak pihak berusaha mencoba melakukan pemasaran melalui media sosial ini. Metode yang ditemukan adalah dengan menggabungkan Affiliate Marketing dan konten berupa video. Hal ini tampak memberi banyak keuntungan bagi pengusaha. Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Affiliate Marketing terhadap keputusan pembelian. Selain itu, maksud lain dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi dari Affiliate Marketing, yaitu; Informativeness, Perceived Trust, Perceived Usefulness, dan Perceived Ease to Locate yang berpengaruh secara dominan terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini, Populasi yang digunakan adalah pengguna Tik Tok yang merupakan konsumen Kelaya Hair Treatment pada produk Shampoo yang sudah memberikan review konsumen pada Platform Tiktok. Data yang diperoleh adalah data primer berupa kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 64 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan alat analisis SPSS 26. Hasil dari penelitian menunjukkan Informativeness, Perceived Trust, Perceived Usefulness, dan Perceived Ease to Locate berpengaruh signifikan, baik secara simultan, maupun secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel Informativeness berpengaruh secara dominan terhadap keputusan pembelian
URI: http://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/2072
Appears in Collections:2023



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.