Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/662
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDewi, Cynthia Surya-
dc.date.accessioned2021-01-29T05:31:47Z-
dc.date.available2021-01-29T05:31:47Z-
dc.date.issued2018-06-25-
dc.identifier.urihttp://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/662-
dc.description.abstractAntrian merupakan salah satu fenomena sehari – hari yang sering ditemui dimana saja. Antrian terjadi ketika banyak individu membutuhkan pelayanan pada saat yang bersamaan. Oleh karena itu dibutuhkan perancangan sistem antrian yang efisien agar perusahaan dapat memaksimalkan proses pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem antrian yang sudah dijalankan oleh Ratu Swalayan Malang dan mengetahui kinerja antrian setelah dianalisis dengan model antrian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung untuk mengetahui waktu kedatangan pengunjung dan waktu pelayanan pada tiap kasir yang beroperasi. Sistem antrian di Ratu Swalayan Malang menggunakan model antrian Multi Channel – Single Phase. Perhitungan sistem antrian di Ratu Swalayan Malang antara lain : Tingkat probabilitas terdapat 0 dalam sistem (P0) adalah 0,330 atau 33%, Jumlah pengunjung rata – rata menunggu dalam antrian (𝑛̅̅𝑞̅) adalah 0,001690 orang, Jumlah pengunjung rata – rata menunggu dalam sistem (𝑛̅̅̅𝑡 ) adalah 1,11069 orang, Waktu rata – rata yang dihabiskan seorang pengunjung untuk menunggu dalam antrian (𝑡𝑞 ̅ ) sebesar 0,000027719 jam atau 0,001663 menit, Waktu rata – rata yang dihabiskan seorang pengunjung untuk menunggu dalam sistem (𝑡𝑡 ̅) sebesar 0,016421 jam atau 0,98526 menit, Probabilitas menunggu dalam sistem (Pw) adalah 0,0058695. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem antrian pada Ratu Swalayan Malang sudah baik karena kasir melayani pengunjung dengan cepat sehingga pengunjung tidak perlu menunggu terlalu lama serta kinerja antrian pada Ratu Swalayan Malang sudah baik jika dibandingkan dengan target perusahaan yang mengukur waktu pelayanan maksimal 3 menit/pelanggan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectSistem Antrianen_US
dc.subjectKinerja Antrianen_US
dc.titleAnalisis Penerapan Sistem Antrian Untuk Mengevaluasi Kinerja Antrian Pada Ratu Swalayan Malangen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0701056401-
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI61201#Manajemen-
dc.identifier.nimNIM201411030-
dc.identifier.nidkNIDK8887223419-
Appears in Collections:2018

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
201411030_Cynthia Surya Dewi_COVER.pdf1.23 MBAdobe PDFView/Open
201411030_Cynthia Surya Dewi_BAB 1.pdf113.11 kBAdobe PDFView/Open
201411030_Cynthia Surya Dewi_BAB 2.pdf
  Restricted Access
365.96 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
201411030_Cynthia Surya Dewi_BAB 3.pdf
  Restricted Access
235.17 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
201411030_Cynthia Surya Dewi_BAB 4.pdf
  Restricted Access
304.91 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
201411030_Cynthia Surya Dewi_BAB 5.pdf220.95 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.