Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/863
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBelandina, Isabela Yovita-
dc.date.accessioned2021-09-17T05:53:26Z-
dc.date.available2021-09-17T05:53:26Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/863-
dc.description.abstractJalan memiliki peranan yang sangat penting untuk kehidupan sebagai prasarana transportasi darat yang menghubungkan daerah satu dan lainnya. Penelitian ini melakukan perencanaan geometrik dan perkerasan jalan menggunakan spesifikasi metode Bina Marga yang dilakukan pada ruas Jalan Bendungan Sutami – Galunggung sepanjang ± 1,1 km. Pada perencanaan geometrik dilakukan perencanaan untuk alinyemen horisontal pada sta. 0+104,55 dan sta. 0+496,70 dengan memvariasikan tipe lengkung yang sama (Full Circle – Full Circle atau Spiral Circle Spiral – Spiral Circle Spiral atau Spiral Spiral – Spiral Spiral). Sedangkan untuk alinyemen vertikal adalah memvariasikan panjang lengkung (Lv) pada lengkung vertikal cembung dan cekung. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui jarak minimum yang dapat ditempuh dengan melakukan variasi terhadap alinyemen horisontal dan vertikal serta perencanaan perkerasan jalan. Keunggulan penelitian ini dibanding penelitian sebelumnya adalah pada penelitian ini melakukan perencanaan alinyemen vertikal serta melakukan penggabungan antara alinyemen horisontal dan vertikal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data adalah data primer yang berasal dari pengukuran stationing dan elevasi dilokasi objek penelitian menggunakan aplikasi dan data sekunder berupa parameter perencanaan geometrik dan perkerasan jalan dari studi literatur. Dari hasil penelitian diperoleh jalan dengan jarak tempuh minimum adalah variasi alinyemen horisontal (FC) dengan R=900 m dan R=500 m dan alinyemen vertikal, dengan jarak sejauh 1086,06 m. Pada perencanaan perkerasan diperoleh hasil lapis permukaan = 20 cm, lapis pondasi = 20 cm dan lapis pondasi bawah = 10 cm.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectAlinyemen Horisontalen_US
dc.subjectAlinyemen Vertikalen_US
dc.subjectBina Marga Perencanaan Geometriken_US
dc.subjectPerencanaan Perkerasanen_US
dc.titlePerencanaan Geometrik Dan Perkerasan Jalan Bendungan Sutami – Galunggung (Spesifikasi Metode Bina Marga)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0714067401-
dc.identifier.nidnNIDN0719127501-
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI22201#Teknik Sipil-
dc.identifier.nimNIM201732006-
Appears in Collections:2021



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.