Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/2252
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Suri, Yulius Stanislaus | - |
dc.date.accessioned | 2025-08-14T04:08:02Z | - |
dc.date.available | 2025-08-14T04:08:02Z | - |
dc.date.issued | 2025-01-30 | - |
dc.identifier.uri | https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/2252 | - |
dc.description.abstract | Pengguna jalan semakin meningkat pasti akan menimbulkan kemacetan yang menyebabkan permasalahan pada transportasi di kota Malang. Hal ini sering kali ditemui di persimpangan jalan di kota-kota besar pada umumnya, seperti salah satunya kota Malang. Salah satu persimpangan jalan di kota Malang yang sering terjadi masalah kemacetan transportasi yaitu persimpangan jalan RetawuBondowoso-Gede-Simpang Wilis. Ketidakteratuan lalu lintas menyebabkan kemacetan lalu lintas. Pada persimpangan Wilis belum terdapat lampu lalu lintas. Oleh karena itu diperlukan solusi untuk menyelesaikan masalah kemacetan. Berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, perencanaan simpang bersinyal dapat ditawarkan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi masalah kemacetan lalu lintas. Hasil perencanaan kinerja simpang bersinyal dua fase yang telah dilakukan oleh Anastasia Narisca Leoni pada 2023 dengan nilai derajat kejenuhan tetapi belum memenuhi ketentuan waktu siklus yang dianjurkan. Maka dari perencanaan dua fase, perencanaan berikut yaitu tiga dan empat fase. Hasil perencanaan simpang bersinyal dengan tiga dan empat fase persimpangan pada Jalan Retawu – Jalan Bondowoso - Jalan Gede – Simpang Wilis Malang sebagai berikut: skema 3 fase (skenario 1): waktu siklus = 225 dtk, dengan fase 1 = 68 dtk waktu hijau, fase 2 = 93 dtk waktu hijau dan fase 3 = 52 dtk waktu hijau, skema 3 fase (skenario 2): waktu siklus = 109 dtk, fase 1 = 39 dtk waktu hijau, fase 2 = 37 dtk waktu hijau dan fase 3 = 21 dtk waktu hijau dan skema 4 fase: waktu siklus = 103 dtk, fase 1 = 41 dtk waktu hijau, fase 2 = 55 dtk waktu hijau, fase 3 = 36 dtk waktu hijau dan fase 4 = 46 waktu hijau. Derajat Kejenuhan (DS) eksisting = 1,1 dengan perencanaan simpang bersinyal 3 dan 4 fase, maka didapatkan skema 3 fase (skenario 1) = 0,95 (Tingkat Pelayanan = E), skema 3 fase (skenario 2) = 0,91(Tingkat Pelayanan = E) dan 4 fase = 0,49 (Tingkat Pelayanan = C) | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | persimpangan | en_US |
dc.subject | sinyal | en_US |
dc.subject | fase | en_US |
dc.subject | MKJI | en_US |
dc.subject | pendekat | en_US |
dc.title | Perencanaan Simpang Bersinyal Dengan 3 Dan 4 Fase Untuk Perempatan Di Malang (Studi Kasus: Persimpangan Jalan Retawu – Bondowoso – Gede – Simpang Wilis) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nidn | NIDN0719127501 | - |
dc.identifier.nidn | NIDN0703117904 | - |
dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI22201#Teknik Sipil | - |
dc.identifier.nim | NIM201932008 | - |
Appears in Collections: | 2025 |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
201932008_YULIUS STANISLAUS SURI_SIPIL_COVER - Lius Sipil19.pdf | 1.41 MB | Adobe PDF | View/Open | |
201932008_YULIUS STANISLAUS SURI_SIPIL_BAB I - Lius Sipil19.pdf | 375.4 kB | Adobe PDF | View/Open | |
201932008_YULIUS STANISLAUS SURI_SIPIL_BAB II - Lius Sipil19.pdf Restricted Access | 992.27 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
201932008_YULIUS STANISLAUS SURI_SIPIL_BAB III - Lius Sipil19.pdf Restricted Access | 1.63 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
201932008_YULIUS STANISLAUS SURI_SIPIL_BAB IV - Lius Sipil19.pdf Restricted Access | 1.18 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
201932008_YULIUS STANISLAUS SURI_SIPIL_BAB V - Lius Sipil19.pdf | 237.15 kB | Adobe PDF | View/Open | |
201932008_YULIUS STANISLAUS SURI_LAMPIRAN - Lius Sipil19.pdf Restricted Access | 1.95 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.