Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/2263
Title: Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhad Ap Kepuasanwajibpajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malangutara
Authors: Wardhani, Jovita Vicka Bayu
Pratita, Bernadeta Wahyu Astri
Firdaus, Antonio Youvaldy
Keywords: Bukti Fisik
Empati
Daya Tanggap
Kehandalan
Jaminan
Kualitas Pelayanan
Kepuasan Wajib Pajak
Issue Date: 14-Jul-2025
Abstract: Penelitian ini bertujuan mengevaluasi dan menganalisis pengaruh kualitaspelayanan terhadap kepuasan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak PratamaMalang Utara. Kualitas pelayanan yang di ukur dari lima dimensi SERVQUAL(bukti fisik, empati, daya tanggap, kehandalan, dan jaminan), menjadi faktor krusial dalam membentuk presepsi dan kepuasan wajib pajak. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan mempengaruhi tingkat kepuasan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mlalang Utara. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan pendekatanexplanatory reaseach yang melibatkan 60 responden wajib pajak dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara yang diambil berdasarkan rumus Roscoe. Data riset ini dikumpulkan melalui kuesioner. Untuk menganalisis data yangterkumpul digunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh dimensi kualitaspelayanan secara simultan memengaruhi Kepuasan Wajib Pajak. Namun, hasil uji t menunjukkan bahwa hanya Bukti Fisik yang berpengaruh signifikan secaraparsial terhadap Kepuasan Wajib Pajak, sementara Empati, Daya Tanggap, Kehandalan, dan Jaminan tidak berpengaruh signifikan secara parsial. Analisisdominan lebih lanjut menegaskan bahwa Bukti Fisik merupakan faktor dominandalam memengaruhi kepuasan wajib pajak.
URI: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/2263
Appears in Collections:2025



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.