Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/2272
Title: Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Baegopa House Of Hungry Cabang Candi Mendut Malang
Authors: Wardhani, Jovita Vicka Bayu
Indradi, Agustinus
Sulistyarini, Galuh
Keywords: Kepercayaan
Komitmen
Komunikasi
Loyalitas Pelanggan
Penanganan Masalah.
Issue Date: 11-Jul-2025
Abstract: ertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia beberapa tahun terakhir berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat, termasuk sektor makanan dan minuman yang semakin dinamis dan meluas. Untuk bersaing, perusahaan tidak hanya perlu fokus pada produk, tetapi juga membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan guna mempertahankan loyalitas dan memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh CRM terhadap Loyalitas Pelanggan terhadap produk dan layanan secara simultan, parsial, dan dominan. Penelitian ini menerapkan metode Explanatory Research dan melibatkan 100 responden sebagai sampel, yang dipilih melalui teknik Purposive Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner, sementara analisis yang dilakukan adalah analisis regresi linear berganda. Metode yang telah dijabarkan memiliki tujuan menjelaskan hubungan antara variabel yang diteliti. Hasil dari uji F dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa variabel pertama yaitu Kepercayaan, kedua adalah Komitmen, ketiga yakni Komunikasi, serta keempat merupakan Penanganan Masalah secara bersamaan memengaruhi unsur Loyalitas Pelanggan. Sementara itu, Kepercayaan serta Penanganan Masalah mempunyai dampak secara individu pada elemen terikat yakni Loyalitas Pelanggan yang telah dilakukan uji t, sedangkan Komitmen dan Komunikasi tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Selain itu, analisis dominan mengungkapkan bahwa variabel Kepercayaan memiliki pengaruh paling kuat terhadap Loyalitas Pelanggan
URI: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/2272
Appears in Collections:2025



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.