Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/1173
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFlorensia, Lia-
dc.date.accessioned2022-10-12T01:36:49Z-
dc.date.available2022-10-12T01:36:49Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/1173-
dc.description.abstractListrik merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia yang sangat penting. Setiap hari masyarakat menggunakan listrik. Konsumen wajib untuk melakukan pembayaran dengan tepat waktu dan hak konsumen untuk menggunakannya. PLN harus memberikan pelayanan yang lebih mengutamakan kepuasan terhadap pelanggan. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana peran dan upaya Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) dalam memberikan perlindungan hukum untuk memperjuangkan hak-hak konsumen serta kendala apa saja yang dihadapi konsumen untuk menuntut haknya. Lokasi penelitian berada di Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) dan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Data ini diperoleh melalui wawancara langsung dengan pihak LPKSM dan PLN. Selain itu, data diperoleh juga dari UndangUndang No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen Pasal 4 huruf c yang mengatur hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa serta pada Undang-Undang No. 2 Tahun 1981 tentang metrologi legal bab IV Pasal 12 huruf a yang mengatur tentang alat ukur, takar, timbang yang wajib ditera dan ditera ulang. Dalam hal ini, ketentuan Undang-Undang tersebut harus benarbenar dilaksanakan, baik pihak konsumen maupun pelaku usaha sama-sama tidak merasa dirugikan. Kurangnya informasi yang benar dan cepat kepada masyarakat membuat banyak sekali pengaduan. Masih ada konsumen yang tidak merasakan langsung pelayanan baik dari pihak terkait yang seharusnya diterima konsumen. Kesimpulannya bahwa hampir sebagian besar masyarakat kurang puas terhadap kinerja Perusahaan Listrik Negara (PLN). Sedangkan pihak Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat yang salah satu tugasnya ialah untuk melindungi dan memperjuangkan hak konsumen sudah melaksanakannya dengan baik, menerima serta bertindak berdasarkan jenis keluhan yang disampaikan oleh konsumen.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPERAN LPKSMen_US
dc.subjectPENYALAHGUNAAN KEADAANen_US
dc.subjectALAT UKURen_US
dc.titlePeran Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (Lpksm) Terhadap Penyalahgunaan Keadaan Penggunaan Alat Ukuren_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0703047701-
dc.identifier.nidnNIDN0725106301-
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI74201#Hukum-
dc.identifier.nimNIM201141007-
Appears in Collections:2015

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
201141007_Lia Florensia_1.pdfCOVER - BAB 11.12 MBAdobe PDFView/Open
201141007_Lia Florensia_2.pdf
  Restricted Access
BAB 2 - BAB 4506.61 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
201141007_Lia Florensia_3.pdfBAB 5 - DAFTAR PUSTAKA199.18 kBAdobe PDFView/Open
201141007_Lia Florensia_4.pdf
  Restricted Access
LAMPIRAN159.43 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.