Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/1466
Title: Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Mahasiswa Unika Widya Karya Malang Dalam Pembelian Handphone Dengan Merk Blackberry
Authors: Yudiastuti, Anni
Niwadolo, Cornelius
Sundari, Ratna
Keywords: psikologis konsumen
Keputusan Pembelian
Issue Date: 2012
Abstract: Kegiatan pemasaran yang berorientasi pada pasar dititik beratkan pada pengenalan atau pemahaman tentang kebutuhan dan keinginan konsumen secara tepat. Khususnya pada perusahaan Handphone merk Blackberry. Dengan persaingan pasar global yang saat ini produk Handphone merk Blackberry hadir dalam pasar global saat ini.hal ini mengakibatka setiap perusahaan berusaha mendapatkan pangsa pasar, dari persaingan pangsa pasar yang sama dengan menerapkan kebijakan strategi oleh setiap perusahaan.sehubungan hal tersebut, perusahaan selain memasarkan produknya juga dapat melihat faktor-faktor lain yang perlu diketahui seperti faktor psikologis. Faktor psikologis menekankan pada tindakan penafsiran dan peramalan. Penafsiran dan peramalan terhadap proses pembelajaran konsumen merupakan kunci untuk mengetahui tingkah laku pembelian. Dengan demikian faktor psikologis sangat penting khususnya terhadap pembelian produk handphone merk Blackberry. Tujuan Penelitian : (1) Untuk mengetahui signifikasi pengaruh faktor-faktor psikologis konsumen yang terdiri dari : motivasi, resepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap secara serempak dan individu berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam membeli handphone Blackberry. (2) Untuk mengetahui faktor psikologis konsumen yang berpengaruh dominan terhadap keputusan untuk membeli handphone Blackberry. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat eksplorasi(Explanatory Research). Yaitu penelitian yang menggunakandan menganalisis beberapa varabel yang memengaruhi keputusan, dengan meode simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan 1)Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara simultan (bersama-sama) variabel Faktor psikologis (X) yang terdiri atas Motivasi (X1), persepsi (X2), pembelajaran(X3) keyakinan dan sikap(X4) berpengaruh secara signifikan (nyata) terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Mahasiswa Unika Widya Karya Malang, dengan model regresi Y = 3,330 + 0,151 X1 + 0,305 X2 - 0,080 X3 + 0,333 X4. Demikian pula secara parsial (individual) diketahui bahwa variabel Faktor psikologis (X) yang terdiri atas Motivasi (X1), persepsi (X2), pembelajaran(X3) keyakinan dan sikap(X4) berpengaruh secara signifikan (nyata) terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Mahasiswa Unika Widya Karya Malang. faktor-faktor tersebut sangat dipertimbangkan oleh konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian Handphone merk Blackberry.2)dari besarnya nilai koefisien regresi menunjukkan bahwa salah satu dari variabel dari faktor internal konsumen yang mempunyai pengaruh dominan (paling besar) terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Unika Widya Karya Malang adalah variabel Faktor keyakinan dan sikap (X4). Hal ini didukung oleh besarnya nilai koefisien regresi dari variabel Faktor keyakinan dan sikap (X4) sebesar 0,333 merupakan nilai koefisien regresi terbesar di antara nilai koefisien regresi variabel bebas yang lain. Faktor internal konsumen yang tereksplor mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Mahasiswa Unika Widya KaryaMalang dan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah Faktor Keyakinan dan Sikap (X4).
URI: http://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/1466
Appears in Collections:2012

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
200811037_RATNA SUNDARI_1.pdfCOVER - BAB 1410.23 kBAdobe PDFView/Open
200811037_RATNA SUNDARI_2.pdf
  Restricted Access
BAB 2 - BAB 4721.93 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
200811037_RATNA SUNDARI_3.pdfBAB 5 - DAFTAR PUSTAKA248.18 kBAdobe PDFView/Open
200811037_RATNA SUNDARI_4.pdf
  Restricted Access
LAMPIRAN492.17 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.