Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/488
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorGustanto, Antonius Gratiano-
dc.date.accessioned2020-10-26T08:42:03Z-
dc.date.available2020-10-26T08:42:03Z-
dc.date.issued2020-06-01-
dc.identifier.urihttp://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/488-
dc.description.abstractDalam upaya peningkatan kinerja yang selalu dilakukan oleh setiap perusahaan maupun instansi, komunikasi memiliki peran yang sangat vital didalam prosesnya. Pada penerapannya, komunikasi memiliki berbagai jenis dan tujuan dalam penyampaiannya. Komunikasi Interpersonal menjadi salah satu dari sekian jenis komunikasi yang berperan penting dalam setiap kegiatan dan proses peningkatan kinerja itu sendiri. Untuk mencapai Komunikasi Interpersonal yang efektif diperlukan lima indikator yang harus terpenuhi yaitu; Keterbukaan, Empati, Dukungan, Sikap Positif dan Kesetaraan. Sehingga diharapkan, dengan terwujudnya kelima indikator tersebut mampu menjadi sarana yang tepat dalam berkomunikasi khususnya secara interpersonal untuk selanjutnya mencapai peningkatan kinerja sesuai dengan tujuan perusahaan atau instansi yang bersangkutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh Ciri-ciri Komunikasi Interpersonal yang Efektif terdiri atas variabel Keterbukaan (X1), Empati (X2), Sikap Positif (X3), Dukungan (X4) dan Kesetaraan (X5) secara simultan dan parsial terhadap Kinerja Guru dan Pegawai SMK Negeri 1 Gempol, serta mengetahui Ciri-ciri Komunikasi Interpersonal yang Efektif untuk pengaruhnya yang dominan terhadap Kinerja Guru dan Pegawai SMK Negeri 1 Gempol. Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory dengan menggunakan 60 sampel melalui metode proportional sampling. Dengan instrumen utama berupa kuesioner, penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda untuk memenuhi tujuan pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa, dari 60 responden yang telah mengisi kuesioner yang diberikan telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas dengan hasil yang diperoleh semuanya valid dan reliabel. Dengan nilai koefisien sebesar 0,244 maka variabel; Keterbukaan (X1), Empati (X2), Dukungan (X3), Sikap Positif (X4) dan Kesetaraan (X5) berpengaruh sebesar 24,4% terhadap variabel Kinerja (Y) Guru dan Pegawai SMK Negeri 1 Gempol. Persamaan regresinya adalah sebagai berikut; Y = 10,366 + (-0,005) + 0,054 + 0,559 + 0,620 + (-0,306) sesuai dengan data yang diperoleh. Berdasarkan pengujian hipotesis secara pasial (uji t) variabel Keterbukaan (X1) dan Kesetaraan (X5) memiliki pengaruh negatif yang tidak signifikan terhadap variabel Kinerja (Y). Kemudian variabel Empati (X2) memiliki pengaruh positif yang tidak signifikan terhadap variabel Kinerja (Y). Sedangkan variabel Dukungan (X3) dan variabel Sikap Positif (X4) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap variabel Kinerja (Y). Variabel yang berpengaruh dominan terhadap variabel Kinerja (Y) adalah variabel Sikap Positif (X4) dengan nilai Significant (Sig.) sebesar 0,004 < 0,05 dan nilai (thitung) 3,000 > 2,005 (ttabel) sesuai dengan uji yang telah dilakukan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectKomunikasi Interpersonal yang Efektifen_US
dc.subjectKinerja Guru dan Pegawaien_US
dc.titlePengaruh Komunikasi Interpersonal Yang Efektif Terhadap Kinerja Guru Dan Pegawai Smk Negeri 1 Gempolen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0728025501-
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI61201#Manajemen-
dc.identifier.nimNIM201511047-
dc.identifier.nidkNIDK8887223419-
Appears in Collections:2020



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.