Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/903
Title: Strategi Pemasaran Keripik Pisang Melalui Analisis Swot Di Cv Sahabat Pangan
Authors: Nurani, Maria Puri
Perwita, Sari
Lamunde, Yakobus Bora
Keywords: Keripik Pisang
Analisis SWOT
Strategi Pemasaran
Issue Date: 2021
Abstract: Latar belakang penulis melakukan penelitian ini bertitik tolak dari permasalahan yang sering ditemukan dalam produk pertanian buah-buahan yang pada umumnya tidak dapat bertahan lama dan memiliki sifat yang mudah rusak jika disimpan dalam bentuk segar, Salah satunya yaitu buah pisang. Pisang merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi oleh rumah tangga. Untuk perpanjang masa simpan buah pisang sehingga menambah nilai ekonomi, hal ini pisang dapat diolah menjadi produk makanan ringan/camilan yaitu keripik pisang. Keripik pisang merupakan salah satu olahan dari buah pisang yang diiris tipis-tipis lalu digoreng. Penelitian ini dilakukan di C.V. Sahabat Pangan Klayatan Kelurahan Bandungrejosari Kecamatan Sukun Kota Malang sebagai salah satu industri rumah tangga yang memproduksi keripik pisang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman serta memilih salah satu dari empat strategi yaitu strategi Agresif SO (Strengths, Opportunities), strategi Diversifikasi ST (Strengths, Threats), strategi Turnaround WO (Weaknesses, Opportunities), dan strategi Defensif WT (Weaknesses, Threats) untuk merumuskan strategi pemasaran pada C.V. Sahabat Pangan melalui analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats). Metode penelitian menggunakan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan dan internet. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil perhitungan skor pada diagram analisis SWOT diketahui posisi IFAS X (Kekuatan - Kelemahan) dan EFAS Y (Peluang - Ancaman) maka diketahui titik koordinat X sebesar 0,55 merupakan titik koordinat IFAS dan titik koordinat Y sebesar -0,47 merupakan titik koordinat EFAS. Maka diketahui alternatif strategi yang digunakan yaitu strategi diversifikasi ST (Strengths, Threats) dengan memanfaatkan kekuatan untuk meminimalkan ancaman yang ada. kemudian ada penambahan prioritas strategi yaitu strategi diversifikasi konsentris. Strategi diversifikasi konsentris bertujuan untuk memprioritaskan apa saja yang menjadi kekuatan dan ancaman utama CV. Sahabat Pangan.
URI: http://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/903
Appears in Collections:2021



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.