Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/937
Title: Analisis Swot Sebagai Dasar Keputusan Strategi Pemasaran Pada “PT. Kusumasatria Agrobio Tani Perkasa” Kota Batu, Malang
Authors: Yudiastuti, Anni
Niwadolo, Cornelius
Kristyaningrum, Talisa Dite
Keywords: Analisis SWOT
Strategi Pemasaran
Issue Date: 2017
Abstract: PT. Kusumasatria Agrobio Tani Perkasa atau yang lebih dikenal masyarakat dengan nama Kusuma Agrowisata adalah wisata yang berorientasi pada wisata alam. Wisata ini merupakan pioner dalam bidang wisata agro di Indonesia. Lokasi yang berada dibawah kaki gunung Panderman, wisata ini mempunyai pemandangan khas pegunungan dan udara yang sejuk serta tanah yang baik untuk perkebunan. Berdiri di Kota Batu, wisata ini juga ikut memperkenalkan buah khas dari Kota Batu yaitu buah apel selain itu juga terdapat beberapa buah lainnya seperti jambu, buah naga, jeruk dan strawberry. Kusuma Agrowisata memiliki konsep self service / memetik buah sendiri langsung dari pohonnya. Selain buahnya yang segar karena langsung dipetik dari pohonnya, para pengunjung juga memiliki pengalaman yang berbeda dalam mengkonsumsi buah apel, karena pengunjung harus mengambil sendiri buah tersebut dan memilih buah yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dari dalam perusahaan serta peluang dan ancaman diluar perusahaan. Dengan mengetahui faktor internal dan eksternal perusahaan, diharapkan penulis dapat mengetahui posisi perusahaan serta dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah EFAS (Faktor Eksternal) dan IFAS(Faktor Internal) serta menggunakan Matrik SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi perusahaan berada pada posisi yang menguntungkan di kuadran 1, dimana posisi ini menunjukkan pertumbuhan agresif, yang artinya perusahaan mempunyai kekuatan untuk mendapatkan peluang yang ada serta dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman. Strategi yang tepat untuk digunakan pada Kusuma Agrowisata adalah strategi SO (Strength-Oppotunities) dimana strategi ini dibuat berdasarkan jalan pikiran perusahaan, yaitu dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkam peluang sebesar-besarnya. Beberapa strategi yang bisa digunakan adalah mengoptimalkan daya tarik yang ada dengan memanfaatkan produknya yang khas dan memanfaatkan lokasinya yang masih alami, meningkatkan kualitas produk dan layanannya, serta memaksimalkan promosi pada pasar sasaran yang dituju.
URI: http://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/937
Appears in Collections:2017



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.