Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/1301
Title: Analisis Rasio Keuangan Sebagai Alat Penilaian Kinerja Keuangan (Studi Kasus Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Listing Di Bei Periode Tahun 2010-2014)
Authors: Indrarini, Silvia
Sukartiningsih, Lis Lestari
Setyadi, Amelia Kristie
Keywords: Analisis Rasio Keuangan
Kinerja Keuangan
Issue Date: 2016
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan telekomunikasi yang listing di BEI pada periode tahun 2010-2014. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi. Keadaan kinerja keuangan dapat diketahui berdasarkan hasil analisis rasio keuangan. Berdasarkan hasil analisis rasio keuangan yang meliputi rasio likuiditas, rasio leverage, rasio aktivitas, rasio profitabilitas, dan rasio nilai pasar dapat menunjukkan kinerja keuangan perusahaan pada suatu periode. Jenis penelitian ini studi kasus pada perusahaan telekomunikasi. Populasi yang digunakan adalah perusahaan telekomunikasi yang listing di BEI pada periode tahun 2010-2014 yang terdiri dari 6 perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan diterapkan beberapa kriteria maka terdapat sampel 3 perusahaan antara lain PT XL Axiata Tbk, PT Indosat Tbk, dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Hasil analisis rasio keuangan dari 3 perusahaan telekomunikasi yang listing di BEI pada periode tahun 2010-2014 menunjukkan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk paling baik dalam nilai rasio likuiditas, leverage, aktivitas, dan profitabilitas dikarenakan memiliki kemampuan untuk memenuhi kewajiban jangka pendek dengan menggunakan aktiva jangka pendek yang dimilikinya, memiliki kemampuan mengelola penggunaan utang dalam pembelanjaan perusahaan, dapat mengelola aktiva yang dimiliki dengan efektif dan efisien untuk memperoleh hasil yang maksimal meskipun memiliki kelemahan pada pengelolaan dana dalam piutang yang berputar, memiliki kemampuan menghasilkan laba bersih dibandingkan dengan PT XL Axiata Tbk dan PT Indosat Tbk. Sedangkan untuk nilai rasio nilai pasar,setiap perusahaan mempunyai kelebihan sendiri. Seperti PT Telekomunikasi mampu memberikan peningkatan laba per lembar saham, untuk PT Indosat unggul di nilai ratio harga laba dikarenakan harga lembar per saham yang lebih besar sehingga mampu memberikan peningkatan harga laba per lembar saham, dan untuk PT XL Axiata mampu memberikan manajemen dan organisasi yang baik
URI: http://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/1301
Appears in Collections:2016

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
201214001_AMELIA KRISTIE SETYADI_1.pdfCOVER - BAB 1949.04 kBAdobe PDFView/Open
201214001_AMELIA KRISTIE SETYADI_2.pdf
  Restricted Access
BAB 2 - BAB 42.64 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
201214001_AMELIA KRISTIE SETYADI_3.pdfBAB 5 - DAFTAR PUSTAKA253.88 kBAdobe PDFView/Open
201214001_AMELIA KRISTIE SETYADI_4.pdf
  Restricted Access
LAMPIRAN532.84 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.