Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/1490
Title: Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Pt Citra Media Solusindo Malang
Authors: Yudiastuti, Anni
Niwadolo, Cornelius
Yuwono, Romualdus Mario Sendo
Keywords: Bauran Promosi
Volume Penjualan
Issue Date: 2013
Abstract: Promosi sebagai salah satu kegiatan yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pelanggan di pasarnya. Oleh karena itu peningkatan penjualan sangat tergantung pada berhasil tidaknya kegiatan promosi. Keberhasilan dalam strategi bauran promosi (promotional mix) yang terdiri dari : periklanan, penjualan perseorangan, promosi penjualan, dan hubungan kemasyarakatan, akan meningkatkan jumlah produk yang terjual. Kegiatan promosi pada umumnya dibagi dalam empat variabel, yaitu periklanan, penjualan individu, promosi penjualan,dan hubungan masyarakat. Dimana variabel-variabel tersebut mempunyai sumbangan tersendiri terhadap upaya peningkatan volume penjualan perusahaan. PT. Citra Media Solusindo sebagai perusahaan yang juga bergerak dibidang pelayanan multimedia dan internet juga dituntut untuk terus menerapkan strategi yang tepat dalam bauran promosinya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui signifikansi tentang bauran promosi yang terdiri dari periklanan, penjualan individu, sales promosi, hubungan masyarakat dan untuk mengetahui variabel bauran promosi yang berpengaruh paling dominan terhadap volume penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pelanggan PT.CitraMedia Solusindo, dengan sampel penelitian sejumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan yaitu Uji Instrumen (Uji Validitas dan Uji Reliabilitas), Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Non Multikolinieritas, Uji Autokorelasi), dan Uji Hipotesis (Uji Korelasi, Uji Regresi Linier Berganda, Uji F, Uji T). Hasil analisis dari penelitian ini bahwa dari uji F yaitu pengujian secara serentak (simultan) diperoleh hasil F hitung sebesar 52.336 dengan nilai signifikansi (0.000) yang jauh lebih kecil dari alpha 0.05, sehingga Ho ditolak. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari indikator bauran promosi yang terdiri atas periklanan (X1), penjualan individu(X2), promosi penjualan(X3), hubungan masyarakat(X4) terhadap volume penjualan (Y) yang menjadi pelanggan di PT Media Citra Solusindo Malang. Uji T (parsial) dengan mengambil taraf nyata (signifikansi)sebesar 5 % (0.05), untuk konstanta diperoleh nilai signfikansi (p) sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa konstanta berpengaruh nyata terhadap model regresi.Untuk variabel merek (X1), kemasan (X2), label(X3) dan jaminan (X4) menunjukkan nilai signifikansi yang berturut-turut sebesar 0.000, 0.033, 0.019, dan 0.023 yang lebih kecil dari alpha 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa periklanan (X1), penjualan individu (X2), promosi penjualan (X3), hubungan masyarakat (X4) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap volume penjualan (Y) pada PT. Citra Media Solusindo Malang tersebut.
URI: http://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/1490
Appears in Collections:2013

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
200911017_ROMUALDUS MARIO SENDO YUWONO_1.pdfCOVER - BAB 1328.35 kBAdobe PDFView/Open
200911017_ROMUALDUS MARIO SENDO YUWONO_2.pdf
  Restricted Access
BAB 2 - BAB 4835.58 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
200911017_ROMUALDUS MARIO SENDO YUWONO_3.pdfBAB 5 - DAFTAR PUSTAKA335.02 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.