Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/2139
Title: Strategi Pengembangan Eduwisata Kampung Semai (Studi Kasus Di Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar)
Authors: Nurani, Maria Puri
Perwita, Sari
Anggelika, Sisilia Viki
Keywords: Edukasi Wisata
SWOT
Strategi Pengembangan
Issue Date: 10-Jul-2024
Abstract: Industri pertanian telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam hal pengembangan usaha pertanian. Salah satu contoh usaha terkait dengan pertanian adalah usahatani sebagai usaha komersial yang berfokus pada edukasi wisata pertanian hortikultura, seperti pada Edukasi Wisata Kampung Semai di Desa Semen Kabupaten Blitar. Eduwisata dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan minat generasi muda terhadap budidaya pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal berupa kekuatan dan kelemahan, untuk mengetahui faktor eksternal berupa peluang dan ancaman dalam pengelolaan potensi pertanian sebagai daya tarik Eduwisata Kampung Semai, dan untuk mengetahui strategi pengembangannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan analisis data SWOT yang mengacu pada 4 (empat) komponen daerah tujuan wisata serta melibatkan 30 responden dari pengurus dan pengunjung. Hasil penelitian menunjukkan 11 faktor internal dan 7 (tujuh) faktor eksternal. Faktor kekuatan utama adalah kualitas pemandu wisata yang kompeten dan bersertifikasi, serta pelayanan ramah dengan skor 0,406. Faktor kelemahan utama adalah kurangnya fasilitas pendukung dengan skor 0,325. Peluang terbesar adalah kolaborasi antar destinasi kampung dengan skor 0,691. Ancaman utama adalah ketidakpastian cuaca dengan skor 0,554. Strategi yang direkomendasikan yakni strategi agresif, dengan fokus pada 1) integrasi komoditas unggulan dalam program pembelajaran, 2) promosi paket wisata yang terjangkau dan beragam serta kolaborasi pengembangan infrastruktur, 3) optimalisasi kompetensi pemandu wisata, 4) pemanfaatan kondisi geografis dalam promosi di media sosial, 5) dukungan masyarakat untuk meningkatkan pelayanan ramah, dan 6) kerjasama antar destinasi kampung untuk meningkatkan daya tarik wisata, dengan nilai X sebesar 2,165 dan nilai Y sebesar 2,067.
URI: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/2139
Appears in Collections:2024



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.