Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/2295
Title: Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Agrowisata Petik Jambu Kristal (Psidium Guajava) Di Ud. Bumiaji Sejahtera Kota Batu
Authors: Nurani, Maria Puri
Budisaptorini, Anasthasia Triwulan
Ikarnov, Yohanes Tantowi
Keywords: Atribut Produk wisata
Jambu Kristal
Kepuasan Pengunjung
Issue Date: 31-May-2024
Abstract: Sektor pertanian merupkan salah satu sektor terpenting dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia. Salah satu subesktor yang berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia adalah Hortikutura. Komoditas hortikultura dianggap memiliki nilai jual yang tinggi sehingga mampu meningkatkan PDB. Jambu kristal adalah bagian komoditas hortikultura yang banyak dikonsumsi dan digemari Masyarakat pada umumnya. Jambu kristal banyak diusahakan dan diupayakan oleh para petani karena memiliki keungggulan berupa tekstur daging yang lembut dan kandungan biji yang sedikit. Selain itu jambu kristal juga mudah untuk dibudidayakan dan berbuah sepanjang tahun. Dalam perkembangannya jambu kristal banyak di budidayakan oleh para petani secara konvensional, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tanaman jambu kristal dalam pengolahanya banyak diarahkan pada pengembangan pertanian melalui konsep agrowisata, sebagaimana terjadi di Agrowisata Petik Jambu Kristal UD.Bumiaji Sejahtera Kota Batu Jawa Timur. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terkait dengan pengaruh atribut produk wisata terhadap kepuasan pengunjung dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dokumentasi, Observasi dan angket. Alat analisis yang digunakan yaitu Analisis Regresi Logistik Ordinal. Sampel penelitan ini adalah seluruh pengunjung yang datang berkunjung di Agrowsiata Petik Jambu Kristal UD.Bumiaji Sejahtera Kota Batu. Penulis menggunakan metode Accidental Sampling. Teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu saiapa saja yang bertemu dengan peneliti di lokasi penelitian bilamana pengunjung tersebut berkenan untuk mengisi kuesioner dan dianggap cocok sebagai sumber data. Uji pengaruh dilakukan dengan menggunakan Uji Wald, terdapat tiga variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung : Aksesibilitas, Citra Destinasi dan Harga Berpengaruh secara simultan dan secara parsial terhadap Kepuasan Pengunjung. Citra destinasi merupakan variable yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pengunjung sebesar 32,917.
URI: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/2295
Appears in Collections:2024



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.