Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/749
Title: Pengaruh Kulitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Di Puskesmas Kota Ruteng Nusa Tenggara Timur
Authors: Yudiastuti, Anni
Yuniriyanti, Eny
Engkong, Maria Mecthildis
Keywords: Kualitas Pelayanan
Kepuasan Pasien
Issue Date: 23-Nov-2020
Abstract: Kualitas pelayanan merupakan tolak ukur keberhasilan pelayanan yang ditentukan oleh tingkat kepuasan penerima layanan kepuasan layanan. Sedangkan tingkat kepuasan penerima layanan ini akan dapat diperoleh apabila seorang penerima layanan tersebut mendapatkan jenis layanan sesuai dengan yang mereka harapkan dan butuhkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati secara simultan terhadap tingkat kepuasan pasien BPJS Puskesmas Kota Ruteng Manggarai Nusa Tenggara Timur. 2) untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas layanan secara persial yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap tingkat kepuasan pasien puskesmas Ruteng Manggrai Nusa Tengara Timur. 3) Untuk mengetahui dimensi kualitas pelayanan yang berpengaruh dominan terhadap tingkat kepuasan pasien BPJS Puskesmas Ruteng Manggarai Nusa Tenggara Timur. Jenis penelitian menggunakan penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan sampel sebanyak 60 orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Kota Ruteng Manggarai Nusa Tenggara Timur dipengaruhi oleh variabel Bukti fisik (X1), Kehandalan (X2), Daya tanggap (X3), Jaminan (X4) dan Empati (X5). secara simultan ditunjukkan oleh nilai signifikan F sebesar 0,000 < 0,05 (apha). Koefisien determinasi (R2) sebesar 97,7%. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS dibuktikan dengan nilai signifikan t dari masing-masing variabel sebagai berikut: Bukti fisik (X1) : 0,001, kehandalan (X2) : 0,000, daya tanggap (X3) : 0,000, jaminan (X4) : 0,003, empati (X5) : 0,023, dan semua nilai signifikansi t < apha (0,05). Variabel yang berpengaruh dominan pada kulaitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen BPJS adalah bukti fisik (X1) karena memiliki nilai beta terbesar 0,046.
URI: http://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/749
Appears in Collections:2020



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.