Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/906
Title: Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Pada Pt. Surya Batara Mahkota Labuan Bajo
Authors: Wardhani, Jovita Vicka Bayu
Niwadolo, Cornelius
Naret, Elfrida Kurniati
Keywords: Kesadaran Merek
Asosiasi Merek
Persepsi Kualitas
Loyalitas Merek
Keputusan Pembelian
Issue Date: 2021
Abstract: Pada dasarnya Penelitian ini dilakukan karena ketatnya persaingan penjualan produk antar perusahaan. Dimana adanya persaingan yang begitu ketat antar merek-merek produk baru yang meramaikan persaingan pasar. Khususnya untuk kategori produk mobil. Secara khusus penelitian ini membahas mengenai upaya yang dilakukan produk mobil suzuki untuk mepertahankan ekuitas merek yang dimiliki oleh mobil suzuki. Penelitian ini secara khusus menguji variabelvariabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Pengaruh ekuitas merek secara simultan terhadap keputusan pembelian, 2) Pengaruh ekuitas merek secara parsial terhadap keputusan pembelian dan 3) Elemen dari ekuitas merek yang paling berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada PT. Surya Batara Mahkota Labuan Bajo. Jenis penelitian ini adalah explanatory. Populasi penelitian ini adalah konsumen PT. Surya Batara Mahkota Labuan Bajo. Sampel yang diambil sebanyak 50 orang dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara simultan (bersamasama) terdapat pengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) antara variabel Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Persepsi Kualitas (X3), dan Loyalitas Merek (X4) terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai signifikansi (0.000) yang jauh lebih kecil dari alpha 0.05. Dari hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Persepsi Kualitas (X3), tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli mobil Suzuki pada PT. Surya Batara Mahkota Labuan Bajo dengan nilai signifikansi yang berturut-turut sebesar 0.836, 0.619, 0.225 yang lebih besar dari alpha 0.05, sedangkan loyalitas merek (X4) berpengaruh secara signifikan dengan hasil pengujian menunjukkan p value (0.000) < level of significance (=0.05). Dengan demikian, dari keempat variabel Ekuitas merek yang mempunyai pengaruh paling besar (dominan) terhadap keputusan konsumen adalah loyalitas merek (X4).
URI: http://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/906
Appears in Collections:2021



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.