Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/2193
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIsmalen, Gidion Joni-
dc.date.accessioned2025-08-13T03:59:09Z-
dc.date.available2025-08-13T03:59:09Z-
dc.date.issued2024-06-10-
dc.identifier.urihttps://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/2193-
dc.description.abstractGunung Bromo merupakan destinasi wisata terkenal yang menarik banyak wisatawan lokal dan internasional berkat keindahan alamnya dan keunikan budayanya. Dalam upaya menjangkau pasar yang lebih luas, agen tour di sekitar Gunung Bromo menghadapi tantangan dalam memanfaatkan pemasaran digital, khususnya melalui Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh promosi melalui sosial media instagram yang terdiri dari konteks (X1), komunikasi X2), kolaborasi (X3), dan koneksi (X4) terhadap keputusan pembelian paket wisata gunung bromo secara simultan dan parsial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksplanatori. Lokasi penelitian adalah Bromo Alvis di Malangsuko, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Populasi penelitian adalah 52.900 followers akun Instagram @bromo_alvis, dengan sampel sebanyak 100 responden sesuai kriteria inklusi yaitu telah membeli paket wisata di agen bromo alvis, dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan melalui Google Formulir yang kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, promosi melalui Instagram yang terdiri dari konteks, komunikasi, kolaborasi, dan koneksi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian wisatawan (p < 0,05). Secara parsial, variabel komunikasi dan koneksi berpengaruh signifikan, sedangkan konteks dan kolaborasi tidak berpengaruh signifikan. Variabel koneksi ditemukan sebagai variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai beta dan t-hitung paling besar (0,332 dan 2,621). Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran melalui media sosial Instagram efektif dalam mempengaruhi keputusan wisatawan untuk membeli paket wisata Gunung Bromo.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectInstagramen_US
dc.subjectKeputusan Pembelianen_US
dc.subjectPromosi Media Sosialen_US
dc.titlePengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Wisatawan Membeli Paket Wisata Gunung Bromo (Studi Kasus Pada Bromo Alvis Tour Travel)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidnNIDN0724018601-
dc.identifier.nidnNIDN0704046601-
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI61201#Manajemen-
dc.identifier.nimNIM202011016-
Appears in Collections:2024



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.