Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/2262
Title: Pengaruh Word Of Mouth Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Di Koperasi Kredit Kosayu Tp Patimura
Authors: Wardhani, Jovita Vicka Bayu
Indradi, Agustinus
Bura, Anna Gracia Moan
Keywords: Keputusan Pembelian
Social Media Marketing
Word of Mouth.
Issue Date: 23-Jun-2025
Abstract: Koperasi Kredit Kosayu merupakan lembaga keuangan yang terletak di Kota Malang dengan urutan kedua terbaik di Jawa Timur berdiri sejak 15 November 1981. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Menjadi Anggota di Koperasi Kredit Kosayu TP Patimura secara simultan dan parsial. Penelitian ini terdapat 100 responden anggota koperasi, menggunakan Teknik sampling Purposive Sampling dengan menggunakan jenis penelitian Explanatory Research. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara langsung kepada para anggota Koperasi Kredit Kosayu, dengan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa Word of Mouth dan Social Media Marketing memberi pengaruh signifikan baik secara simultan dan parsial terhadap keputusan menjadi anggota koperasi. Secara parsial Word of Mouth (X1) dan Social Media Marketing (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Menjadi Anggota di Koperasi Kredit Kosayu, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (X1) dan 0,003 (X2) < 0,05 (Alpha). Secara Simultan Word of Mouth (X1) dan Social Media Marketing (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Menjadi Anggota di Koperasi Kredit Kosayu, dibuktikan dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000 < 0,05 (Alpha). Social Media Marketing (X2) berpengaruh dominan terhadap Keputusan Menjadi Anggota (Y) di Koperasi Kredit Kosayu TP Patimura karena memiliki nilai beta tertinggi (0,119). Koefisien determinasi dari peneitian ini sebesar 0,381 atau 38,1%. Hal tersebut menunjukkan bahwa Word of Mouth dan Social Media Marketing efektif dalam membantu meningkatkan jumlah anggota baru di Koperasi Kredit Kosayu. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu instansi dalam menerapkan kegiatan promosi guna meningkatkan jumlah anggota baru.
URI: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/2262
Appears in Collections:2025



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.