Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/2280
Title: Pengaruh Tagline Dan Brand Ambassador Terhadap Brand Awareness Handphone Merek Oppo ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Katolik Widya Karya Malang)
Authors: Wardhani, Jovita Vicka Bayu
Indradi, Agustinus
Adiningtyas, Maria Windhy
Keywords: Brand Ambassador
Brand Awareness
Tagline
Issue Date: 10-Jul-2025
Abstract: Di era persaingan industri smartphone yang semakin kompetitif, strategi komunikasi pemasaran menjadi faktor penting dalam membentuk citra dan kesadaran merek di benak konsumen. Oppo sebagai salah satu merek handphone terkenal di Indonesia secara aktif menggunakan tagline yang kuat serta brand ambassador terkenal untuk meningkatkan brand awareness di kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tagline (X1) dan brand ambassador (X2) terhadap brand awareness handphone Oppo (Y) pada mahasiswa Universitas Katolik Widya Karya Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Lokasi penelitian adalah Universitas Katolik Widya Karya Malang, Kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Populasi penelitian sebanyak 428 mahasiswa, dengan sampel sebanyak 51 responden yang diambil berdasarkan rumus Lameshow dan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang disebarkan melalui google formulir di WhatsApp group setiap kelas yang kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, dari variabel tagline dan brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap brand awareness handphone Oppo. Secara parsial, variabel tagline berpengaruh signifikan, sedangkan variabel brand ambassador tidak berpengaruh secara signifikan terhadap brand awareness handphone Oppo. Variabel tagline didapatkan sebagai variabel yang dominan berpengaruh terhadap brand awareness handphone Oppo dengan nilai standar koefisien beta 0,263 dan t hitung paling besar 1,663. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kekuatan pesan merek dan public figure yang mencerminkan produk dapat membentuk persepsi konsumen.
URI: https://repository.ukwk.ac.id/handle/123456789/2280
Appears in Collections:2025



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.